Tak Terkalahkan, Timnas U 16 Juara Aff 2018


TimnasGaruda.Com - Timnas U 16 Indonesia tampil sangat trengginas pada gelaran AFF 2018 yang diadakan di Sidoarjo Surabaya, Jawa Timur. Pasukan Fakhri Husaini ini tak terkalahkan sejak awal mengikuti babak penyisihan Grup A. Timnas U 16 melumat habis lawan-lawannya, sebelum akhirnya bertemu musuh bebuyutannya Malaysia di Semifinal dan sang Juara bertahan Thailand pada partai puncak Final.

Piala AFF U-16 2018 bisa dibilang menjadi turnamen paling sukses bagi Indonesia untuk tahun ini. Tak hanya menjadi juara, namun Indonesia melalui Federasi Sepak bola Indonesia (PSSI) juga mendapatkan apresiasi dari Federasi Sepak bola Asean (AFF) setelah dianggap sukses menyelenggarakan turnamen tersebut.

Seperti yang dilansir dari laman resmi PSSI, AFF melalui Sekretaris Jenderal Letjend (purn) Dato Sri Azzudin Ahmad memberikan ucapan selamat kepada tim Indonesia yang berstatus sebagai yang terbaik di turnamen ini alias juara.

“Atas nama Pesiden AFF Sultan Haji Ahmad Shah dan anggota, saya menyampaikan apresiasi kepada PSSI yang telah melaksanakan turnamen dengan sukses,” demikian pernyataan Dato Sri Azzudin dalam suratnya kepada PSSI.

Meski hanya turnamen kelompok usia dibawah enam belas tahun, namun perhatian serta minat masyarakat sekitar terhadap Garuda Muda sangatlah tinggi.

Terbukti, selama berlangsungnya Piala AFF U-16 sejak 29 Juli hingga 11 Agustus 2018 dan berlokasi di Gresik dan Sidoarjo, ribuan suporter Indonesia selalu memadati stadion setiap kali tim yang dipimpin oleh Fakhri Husaini bertanding.

Puncaknya adalah saat di babak semifinal dan final, dimana ketika Indonesia bertanding, seluruh tiket yang dijual telah habis dalam waktu yang cukup singkat. Tercatat lebih dari 26 ribu penonton saat itu mendukung perjuangan Bagus Kahfi dan kolega.

Tingginya antusias dan dukungan penonton ini menjadi rekor tersendiri bagi penyelenggaraan turnamen di kelompok umur. Terlebih, kesuksesan Indonesia selaku tuan rumah juga diikuti dengan keberhasilan Garuda Asia keluar sebagai juara.

“Selamat untuk tim Indonesia, baik ofisial, pemain, dan pelatih. Kami berharap tim ini terus berkembang dan meraih kesuksesan pada turnamen selanjutnya,” kata Dato Sri Azzudin.

Perjuangan Timnas Indonesia U-16 belumlah berakhir meskipun telah menjadi juara. Fakhri Husaini dan anak asuhnya langsung mempersiapkan diri untuk menghadapi Piala AFC U16 yang akan berlangsung di Malaysia pada 20 September hingga  7 Oktober 2018 mendatang.

Indonesia tergabung bersama Vietnam, India dan Iran di grup C. Pada turnamen ini, Indonesia menargetkan tembus ke babak empat besar untuk mendapatkan tiket Piala Dunia U17.

Sumber: INDOSPORT

Artikel Terkait